Pages

Oleh-oleh Khas Manado yang Paling Terkenal Pt.1

1. Klappertaart

Klappertaart
Klappertaart
Klapertaart adalah kue khas Belanda dengan sentuhan budaya Indonesia. Klappertaart sesungguhnya memiliki arti cake kelapa atau tart kelapa. Klapertaart ini terbuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan air kelapa. Kue ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin. Klapertaart menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut.
Klapertaart dapat bertahan hingga 12 jam asalkan dibungkus dalam wadah yang rapat dan disimpan dalam suhu dingin. Tetapi jika Anda berencana untuk membawanya terbang dari Manado ke Jakarta atau kota lainnya kue ini masih bisa bertahan, asalkan ketika sampai di lokasi segera dimasukkan ke lemari es. Harga klapertaart ini berkisar antara 15.000 Rupiah hingga 60.000 Rupiah tergantung dari ukurannya.

2. Halua kenari

Halua kenari
Halua kenari
Halua Kenari adalah kue khas Manado yang dibuat dengan bahan utama kacang kenari. Kacang kanari adalah tumbuhan yang tumbuh subur di Sulawesi Utara. Kacang kenari ini dilapisi oleh gula merah yang telah dilebur. Tidak sulit bagi Anda untuk menemukan camilan favorit masyarakat Manado ini, karena banyak sekali dijual di toko oleh-oleh. Harga yang dipatok untuk makanan ini berkisar antara 10.000 – 45.000 Rupiah tergantung dari ukuran dan berat isinya. Kudapan ini adalah teman yang cocok dinikmati bersama secangkir teh atau kopi.

3. Panada

Panada
Panada
Salah satu makanan yang populer di Manado selain klapertaart adalah panada. Sebetulnya, makanan ini bukanlah khas dari Manado, melainkan makanan peninggalan bangsa Portugis yang datang ke Minahasa beberapa abad yang lalu.
Nama Panada sendiri memiliki makna empanada, yaitu isian makanan berupa ikan yang dibungkus roti.
Kue ini memiliki bentuk seperti pastel, tetapi dengan isi yang berbeda yaitu ikan cakalang dibumbu panpis. Bumbu panpis sendiri merupakan ikan cakalang yang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang. Harga kue ini dibandrol mulai 1.250 Rupiah. Semakin mahal harganya berarti isinya juga semakin banyak.

4. Pala manis

Pala Manis
Pala Manis
Pala manis merupakan kudapan khas Manado yangsudah terkenal hingga negara tetangga, bahkan makanan ini sudah diekspor ke Malaysia. Pala manis Manado memiliki tampilan yang berbeda dibanding manisan pala yang terbuat dari tempat lain. Pala manis Manado terbuat dari buah pala dengan cairan gula sebagai pemanis, sehingga teksturnya mengkilap dan lebih bersih. Di daerah lainnya, manisan pala pada umumnya menggunakan gula pasir.

0 komentar:

Posting Komentar