Pages

KEINDAHAN RAJA AMPAT

   Kekayaan INDONESIA takan pernah habis bila kita bicarakan , sekarang saya akan share tentang pulau RAJA AMPAT


Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (VogelkoopPulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo,Pulau MisoolPulau Salawati, dan Pulau Batanta.


  

Akses

 Mengunjungi kepulauan ini tidaklah terlalu sulit walau memang memakan waktu dan biaya cukup besar. Kita dapat menggunakan maskapai penerbangan dari Jakarta atau Bali ke Sorong via Makassar atau Ambon dan Manado selama kurang lebih 6 jam penerbangan. Dari Sorong, kota yang cukup besar dengan fasilitas lumayan lengkap. Untuk menjelajahi Raja Ampat pilihannya ada dua, ikut tur dengan perahu pinisi atau tinggal di resort Raja Ampat Dive Lodge. Sekalipun kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam, sebenarnya lokasi ini menarik juga bagi turis non penyelam karena juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau karst nan mempesona dan flora-fauna unik endemik seperti cendrawasih merah, cendrawasih Wilson, maleo waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek.


Asal-usul dan sejarah

 Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.






Raja ampat, keindahannya telah kesohor ke seluruh penjuru dunia. Destinasi wisata ini merupakan surga bahari yang masih suci. Wisata Raja ampat termasuk salah satu tempat di dunia yang memiliki keanekaragaman hayati paling kaya. Bayangkan saja, 75 % spesies karang yang ada di seluruh dunia terdapat di raja ampat. Terdapat 1.511 spesies ikan berbeda di tempat ini, dan diantaranya ada 27 spesies endemik yang keberadaannya tidak ada ditempat manapun di seluruh dunia selain di raja ampat.  mengenai salah satu tempat wisata di Papua yang Eksotis inidan menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang mendunia ini .Dari total luas wilayah raja ampat, 85% nya merupakan lautan. Maka tak heran apabila pulau di raja ampat sangat banyak, berjumlah sekitar 600 pulau. Dari 600 pulau tersebut hanya sekitar 400 pulau yang telah di eksplorasi, serta sisanya masih perawan dan belum dijamah manusia. Dari 400 pulau yang telah di eksplorasi hanya sekitar 35 pulau yang dihuni manusia, sisanya merupakan pulau kosong tak berpenghuni. 

Menurut informasi terpercaya, Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.
Pesona Ikan di laut
Pesona Ikan di laut
rumput laut
rumput laut
Di Raja Ampat, ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya yaitu di selat Dampier (selat antara P. Waigeo dan P. Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. Tipe dari terumbu karang yang banyak di temui di Raja Ampat adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam juga ada tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.
pemandangan diving di raja ampat
pemandangan diving di raja ampat
Suasana sunsetnya pun tidak kalah menarik dengan pemandangan bawah lautnya.
sunset di raja ampat
sunset di raja ampat
sunset di raja ampat
sunset di raja ampat
Raja Ampat, benar-benar sebuah keindahan yang tidak akan terlupakan.
 Raja Ampat yang terkenal dengan kekayaan alam, panorama indah, tentunya juga punya sajian lezat yang patut dicoba. Berikut 5 Menu Wajib Papua yang harus dicicip saat berlibur ke sana. 

Papeda
Sama dengan di Maluku, masyarakat papua juga menjadikan papeda sebagai makanan pokoknya. Berbahan dasar tepung sagu, papeda dibuat dengan air mendidih dan diaduk, hasil akhirnya memang terlihat seperti lem, namun akan sangat nikmat jika dikonsumsi dengan kuah. 


Pepes ala Papua

Di Papua, pepes ikan lebih dikenal dengan nama ikan bungkus. Ikan laut diberi bumbu rempah khas Papua,  kemudian dibungkus dengan daun talas. Pepes ala Papua bukanlah dikukus, tetapi dibakar di atas bara api. Setelah matang, disajikan hangat-hangat. 


Aunu Senebre

Adalah makanan yang sepertinya hanya ditemukan di Papua. Perpaduan antara nasi, teri halus, dan irisan daun talas. Teksturnya yang lembek dan berair sangat pas untuk disantap dengan papeda. Bisa juga disajikan dengan umbi-umbian. 


Ikan Bakar Manokwari 

Ikan bakar khas daerah Manokwari ini, beda dengan ikan bakar biasa. Setelah dibersihkan, ikan dibumbui garam, dibakar, setelah matang ikan disiram sambal khas Manokwari yang cukup pedas. 


Satai Ulat Sagu 

Pohon Sagu, selain dimakan isinya (sagu mantah / tepung sagu), ulatnya pun bisa dinikmati. Di daerah-daerah Indonesia Timur, pohon sagu tumuh lebat dan subur, demikian juga ulatnya, gendut-gendut. Masyarakat Papua menjadikan ulat sagu ini menjadi BBQ. Ulat sagu dipercaya memiliki kandungan protein yang tinggi.



sumber : goggle images

0 komentar:

Posting Komentar